Sekolah : SMAN ... Semarang
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : X/I
Materi
pokok : Hakikat Fisika dan Prosedur
Ilmiah
Alokasi
Waktu : 9 JP x 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI-1: Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
KI-3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerap-kan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI
4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
dasar dan indikator
Kompetensi dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan, melaporkan, dan berdiskusi
|
2.1.1. Menunjukkan sikap proaktif,
santun, rasa ingin tahu, dan jujur selama proses pembelajaran
|
3.1
Menerapkan hakikat ilmu Fisika, metode ilmiah, dan keselamatan kerja di
laboratorium serta peran Fisika dalam kehidupan
|
3.1.1.
Menghubungkan
fenomena fisika terhadap konsep fisika
3.1.2.
Menjelaskan
hubungan fisika dengan disiplin ilmu lain
3.1.3.
Mencontohkan pemanfaatan fisika dalam
kehidupan sehari-hari
3.1.4.
Menyebutkan
langkah-langkah metode ilmiah
3.1.5.
Menjelaskan
keselamatan kerja di laboratorium
|
4.1
Membuat prosedur kerja ilmiah
dan keselamatan kerja misalnya pada pengukuran kalor
|
4.1.1 Menyusun prosedur kerja ilmiah pada
pengukuran kalor
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Pertemuan
1
1)
Peserta didik dapat menghubungkan fenomena fisika terhadap konsep fisika
melalui proses diskusi dengan proaktif
2)
Peserta didik dapat menjelaskan hubungan
fisika dengan disiplin ilmu lain melalui proses menanya dengan santun
3)
Peserta didik
dapat mencontohkan pemanfaatan fisika dalam kehidupan sehari-hari melalui
proses diskusi
dengan santun
2. Pertemuan
2
4)
Peserta didik dapat menyebutkan
langkah-langkah metode ilmiah melalui proses mencoba dengan rasa ingin tahu
5)
Peserta didik dapat menyusun prosedur
kerja ilmiah pada pengukuran kalor dengan jujur
3. Pertemuan
3
6)
Peserta didik dapat menjelaskan
aturan-aturan keselamatan kerja dilaboratorium melalui proses mengamati dengan cermat
D.
Materi
Pembelajaran
Fakta
Fenomena petir dimulai dengan
munculnya lidah api listrik yang bercahaya terang yang memanjang kearah bumi kemudian
diikuti suara yang menggelegar.
Prinsip
Fisika
merupakan ilmu pengetahuan yang lahir dan berkembang melalui langkah-langkah
observasi, perumusan masalah, penyusunan hipotesis, pengujian hipotesis melalui
eksperimen, penarikan kesimpulan, serta menemukan teori dan konsep.
Prosedur
Prosedur
kerja ilmiah dalam pengukuran kalor
E.
Metode
pembelajaran
Pendekatan : Scientific (5M)
Metode :
diskusi, tanya jawab, ceramah
F.
Media
pembelajaran
Media : Proyektor dan
komputer/laptop, LDPD 1, LDPD 2, LDPD 3
Alat dan
bahan : Statif, thermometer, bejana,
kaki tiga, pembakar bunsen, stopwatch
G.
Sumber
Belajar
Buku Siswa Aktif
dan Kreatif Belajar Fisika 1, Grafindo Media Pratama
Buku Fisika SMA/MA kelas X, Marten Kanginan
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Pertemuan
1
Kegiatan
|
Rincian Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Guru
mengucapkan salam
· Guru
mengecek kehadiran peserta didik dan memeriksa kesiapan peserta didik untuk
mengikuti pelajaran
· Guru
menunjuk salah satu peserta didik untuk memimpin doa
· Guru
memberikan apersepsi
Mengamati (Observing)
Menayangkan
video fenomena alam (petir) yang dikaitkan dengan ilmu Fisika, kemudian
menanya:
Bagaimana
proses terjadinya petir? Apakah fenomena petir berhubungan dengan fisika?
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
|
15
menit
|
Inti
|
· Guru
membagi peserta didik kedalam kelompok kecil, setiap kelompok terdiri dari 4
siswa
· Guru
membagikan LDPD 1 tentang fenomena alam dalam kehidupan sehari-hari
· Guru
memberi waktu kepada peserta didik untuk membaca dan memahami LDPD 1
Menanya (Questioning)
·
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk bertanya hal-hal yang belum jelas
tentang petunjuk diskusi
Mencoba /
Mengumpulkan Data (Experimenting)
· Peserta
didik mengumpulkan informasi dari berbagai sumber yang relevan mengenai
fenomena alam dalam kehidupan sehari-hari dan hubungannya dengan konsep
fisika
Mengasosiasikan /
Mengolah Data (Associating)
· Peserta
didik berdiskusi menjawab pertanyaan yang ada dalam LDPD 1 kemudian
menuliskan hasilnya
· Peserta
didik mengumpulkan hasil diskusinya
Menanya (Questioning)
· Peserta
didik diminta untuk membuat pertanyaan tentang hubungan fisika dengan
disiplin ilmu lain dan pemanfaatan fisika dalam kehidupan sehari-hari
· Guru
bersama peserta didik memilih lima pertanyaan terbaik sebagai bahan diskusi
kelas
Mencoba /
Mengumpulkan Data (Experimenting)
· Siswa
secara berkelompok melakukan proses pengumpulan informasi dari berbagai
sumber, seperti buku referensi dan internet untuk menjawab pertanyaan yang
dibuat
Mengkomunikasikan
Hasil / Membentuk Jejaring (Networking)
· Setiap
kelompok membacakan hasil diskusinya secara bergantian dan kelompok lain
menanggapinya
· Peserta
didik dibantu oleh guru menyimpulkan hubungan fisika dengan disiplin ilmu
lain dan pemanfaatanya dalam kehidupan sehari hari
|
100
menit
|
Penutup
|
·
Guru memberikan tugas rumah membaca materi metode ilmiah dari berbagai
sumber
·
Guru menutup pembelajaran dengan memberikan motivasi yang positif dan
berdoa.
|
20 menit
|
2.
Pertemuan
2
Kegiatan
|
Rincian Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Guru
mengucapkan salam
· Guru
mengecek kehadiran siswa dan memeriksa kesiapan siswa untuk mengikuti
pelajaran
· Guru
menunjuk salah satu peserta didik untuk memimpin doa
· Guru
mereviu materi yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya
· Guru
memberikan apresepsi
Menceritakan seorang ilmuan yang
bernama Franklin (penemu penangkap petir)
Masalah yang didapat franklin:
Apa sebenarnya yang dibawa oleh
petir sehingga dapat menimbulkan kebakaran pada gedung tinggi?
· Guru
menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini yaitu tentang metode ilmiah
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati (Observing)
· Guru
membagi peserta didik kedalam kelompok kecil, setiap kelompok terdiri dari 4
siswa
· Guru
membagi LDPD 2 kemudian siswa membaca petunjuk yang ada di LDPD 2
·
Peserta didik merangkai alat dan bahan eksperimen
kemudian mengamati apa yang terjadi
Menanya (Questioning)
·
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik
untuk bertanya hal-hal yang belum jelas mengenai eksperimen yang mereka
lakukan
Mencoba / Mengumpulkan Data (Experimenting)
· Peserta
didik mengambil data melalui eksperimen sesuai petunjuk yang ada di LDPD 2
Mengasosiasikan / Mengolah Data (Associating)
· Peserta
didik berdiskusi dalam kelompok untuk menganalisis hasil-hasil pengamatan
mereka. Selain itu, dalam tahap ini siswa juga dapat membuktikan apakah
hipotesis yang dirumuskan sebelumnya dapat diterima atau tidak berdasarkan
hasil pengamatan dan diskusi yang telah dilakukan.
Mengkomunikasikan Hasil / Membentuk
Jejaring (Networking)
·
Dua kelompok memaparkan hasil
diskusi di depan kelas dan kelompok lain menanggapi
·
Guru tetap membimbing siswa agar
tidak terjadi kesalahan konsep.
·
Guru bersama peserta didik
menyimpulkan tahapan metode ilmiah
|
105 menit
|
Penutup
· Guru
memberikan tugas proyek untuk menyusun prosedur kerja ilmiah secara
berkelompok
· Guru menutup pembelajaran dengan memberikan motivasi
yang positif dan berdoa.
|
15 menit
|
3.
Pertemuan
3
Kegiatan
|
Rincian Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Guru
mengucapkan salam
· Guru
mengecek kehadiran siswa dan memeriksa kesiapan siswa untuk mengikuti
pelajaran
· Guru
menunjuk salah satu peserta didik untuk memimpin doa
· Guru
memberikan apersepsi
Menayangkan video
kecelakaan kerja di laboratorium, agar peserta didik menyadari pentinya
mempelajari prosedur keselamatan kerja di laboratorium
· Guru
menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang keselatam kerja di
laboratorium
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati (Observing)
·
Guru mengarahkan peserta didik
untuk membentuk kelompok kecil, setiap kelompok terdiri dari 4 peserta didik
·
Guru membagikan LDPD 3 dan
menjelaskan kegiatan apa yang harus dilakukan peserta didik
·
Peserta didik mengamati dan
mencatat hal-hal yang menurut mereka penting
Menanya (Questioning)
·
Guru membuka kesempatan pada peserta didik untuk
bertanya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan video yang sudah mereka
tonton
Mencoba / Mengumpulkan Data (Experimenting)
·
Peserta didik pengumpulan informasi dari berbagai
sumber mengenai lambang-lambang bahaya
di laboratorium
Mengasosiasikan / Mengolah Data (Associating)
·
Peserta didik
berdiskusi dalam kelompok mengenai prosedur keselamatan kerja dalam
laboratorium dan lambang-lambang bahaya yang harus diperhatikan di
laboratorium kemudian
menuliskan hasilnya di LDPD 3
Mengkomunikasikan Hasil / Membentuk
Jejaring (Networking)
·
Setiap kelompok membacakan hasil
diskusinya secara bergantian dan kelompok lain menanggapinya
·
Guru bersama peserta didik
menyimpulkan keselatam kerja di laboratorium
|
95 menit
|
Penutup
· Guru memberikan soal posttest dan siswa mengerjakan
secara individu
· Guru memberikan tugas rumah membaca materi pengukuran
· Guru menutup pembelajaran dengan memberikan motivasi
yang positif dan berdoa.
|
25 menit
|
I.
Penilaian
1.
Mekanisme dan prosedur
Penilaian
dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi
kerja kelompok, kinerja presentasi. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui
tes tertulis.
2.
Aspek dan Instrumen penilaian
Instrumen penilaian sikap menggunakan
penilaian antar teman dan penilaian diri sendiri. Fokus utama pada sikap
proaktif, santun, rasa ingin tahu, dan jujur.
Instrumen penilaian pengetahuan
menggunakan posttest soal uraian.
4.
Contoh Instrumen (Terlampir)
Semarang, Maret 2017
Mengetahui Kepala SMA Guru Mata Pelajaran
Fisika
.................................. Maliasih,
S.Pd
NIP. NIP.
Catatan Kepala Sekolah
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
The 7 Best Casinos in the World (2021)
BalasHapusThe 우리 계열 7 Best Casinos 강원랜드 쪽박걸 in the 올인구조대 World · 1. Cafe av 보는 곳 Casino · 2. Red Dog · 3. Golden Nugget · 4. Bally's Casino · 5. 유흥업소 사이트 Slotocash.